•   Thursday, 19 Jul, 2018
  • Contact

Inggris vs Kroasia, Siapa Lolos ke Final? 

JAKARTA, VOI -  Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Inggris dengan Timnas Kroasia akan saling adu kekuatan di semifinal Piala Dunia 2018 Rusia yang akan digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, Rabu (11/7) waktu setempat atau Kamis (12/7) dini hari WIB. Dalam laga ini, The Three Lions -julukan Timnas Inggris maupun Vatreni -julukan Timnas Kroasia dipastikan akan bermain lebih agresif dari sebelumnya demi ambisi merebut tiket final dan menjadi juara di turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut.

Jika melihat sejarah, kedua kesebelesan diyakini ‘haus’ akan gelar juara dalam kejuaraan ini. Ya, Inggris sendiri terakhir kali meraih gelar juara Piala Dunia pada tahun 1966. Bahkan, penampilan Inggris di pesta sepak bola empat tahunan ini dalam dua edisi terakhir tengah redup. Pada tahun 2010 mereka hanya sampai di babak 16 besar setelah dihancurkan Jerman 1-4. Sedangkan, di tahun 2014, mereka terhenti di fase grup karena hanya jadi juru kunci Grup D dengan koleksi satu poin.

Terakhir kali Inggris menang di babak gugur pada edisi 2006 ketika mengalahkan Ekuador untuk menjejak perempat final, sebelum akhirnya dihentikan oleh Portugal. Dan Inggris baru kembali menginjakan kaki ke babak semifinal tahun ini sejak terakhir di Piala Dunia 1990.

Sedangkan Kroasia sendiri belum satu kali pun meraih titel gelar juara di ajang Piala Dunia. Justru, keberhasilan Kroasia tembus ke babak semifinal yang menjadi torehan terbaiknya ini mengulang sejarah 20 tahun silam. Dimana, pada Piala Dunia 1998 Prancis, Kroasia berhasil mencapai babak empat besar tersebut usai tampil menjanjikan sejak babak penyisihan.

Namun sayang, mereka gagal ke babak final usai dikalahkan tim tuan rumah, Prancis yang akhirnya keluar sebagai juara. Akan tetapi, Kroasia berhasil merebut gelar ketiga usai mengalahkan Belanda dengan skor 2-1. Setelah itu Kroasia hanya mampu tampil di babak penyisihan grup Piala Dunia 2002, 2006, 2014. Melihat hal itu, sudah jelas kedua tim sudah ‘haus’ akan gelar juara dan dipastikan Inggris maupun Kroasia akan tampil ngotot demi merebut tiket babak final dan menjadi juara dunia tahun ini.

Namun, jika melihat pertemuan terakhir kedua tim pada kualfikasi Piala Dunia 2010, Inggris terbilang lebih mendominasi kemenangan tersebut. Pasalnya, pada pertemuan terakhir itu, Inggris berhasil menang telak ataas Kroasia dengan skor 5-1.

Keyakinan kemenangan Inggris dalam laga semifinal nanti itu juga dipercaya oleh Jose Mourinho. Bahkan, pelatih yang kini menangani Manchester United itu yakin Harry Kane dan kawan-kawan mampu meraih gelar juara Piala Dunia 2018. “(Timnas Inggris) memiliki peluang untuk bisa lolos ke babak final, bahkan bisa menjadi juara. Tak ada yang mustahil,” ungkap Mourinho seperti dikutip Independent.

Namun, sejauh ini prediksi mantan pelatih Real Madrid itu selalu meleset. Sebelumnya, seperti diberitakan Tribal Football, Mourinho menjagokan Portugal, Argentina, Brasil, dan Jerman yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Namun, keempat negara tersebut sudah terdepak. Bahkan Jerman tak lolos dari fase grup.

Akan tetapi, hingga kini keberuntungan terus memayungi Inggris mulai dari babak fase grup G, mereka selalu relatif mendapat lawan yang mudah seperti Tunisia, Kosta Rika. Mereka hanya kalah oleh Belgia di laga terakhir, sebagai penentu juara dan runner-up grup.

Beranjak ke babak 16 besar, Inggris berduel melawan Kolombia yang punya kualitas pemain hampir sama kuat. Inggris lolos setelah imbang 1-1 dan unggul di babak tostosan. Selanjutnya, di babak perempat final, mereka bertemu dengan Swedia.

Dalam laga itu, Inggris tampil dominan. Kekuatan fisik pemain muda Tiga Singa berbicara banyak dalam laga tersebut yang tampil beringas tanpa lelah. Tak cuma galak, Inggris juga kuat di semua lini. Terbukti, mereka berhasil menang dengan bermain seperti itu.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, juga yakin tim asuhannya masih bisa berkembang lebih bagus lagi. “Skuad ini bukan cuma punya kualitas dan mental kuat. Mereka juga pekerja keras. Sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti berbuah manis,” ungkap pelatih 47 tahun itu.

Sementara itu, kapten Timnas Kroasia Luka Modric yakin timnya mampu melangkah ke babak final dan meraih gelar juara. Meski demikian ia juga tak ingin meremehkan Inggris yang dinilainya bahaya dalam eksekusi bola-bola mati. Ya, dari 11 gol Inggris pada Piala Dunia ini, hanya tiga gol di antaranya yang berasal dari permainan terbuka yang sedang berjalan. “Kami tak ingin berhenti di sini, kami merasa percaya diri dan berharap bisa melangkah lebih jauh lagi dari ini. Sehingga kami mampu menapakan kaki ke babak final,” ujar gelandang Real Madrid itu.

“Akan tetapi kami juga melihat bagusnya mereka (Inggris) dalam situasi bola-bola mati. Segera, kami perbaiki cara pertahanan kami untuk mengantisipasi tendangan bola-bola mati yang kemungkinan akan dilancarkan oleh mereka,” sambung Modric.

“Meski Inggris menjadi tim yang sulit untuk dihadapi, seperti tim lain di Piala Dunia ini, kami harus tetap mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kami harus maju, untuk bisa masuk ke babak selanjutnya dan kami percaya diri, bahwa kami mampu meraih lebih dari ini,” tukas pemain berusia 32 tahun itu.

Melhiat hal ini, Inggris atau Kroasiakah yang akan mengamankan tiket ke partai puncak? Susah untuk dijawab, mengingat keduanya sama-sama punya kans. Terlebih di Piala Dunia kali ini, begitu banyak drama yang sudah tersuguh. Tim yang diunggulkan justru terjungkal. Hanya waktu yang bisa menjawab siapa pemenangnya.(*)

Head-to-head Inggris Vs Kroasia:

24 April 1996 – Seri 0-0 (persahabatan)

20 Agustus 2003 – Inggris menang 3-1 (persahabatan)

21 Juni 2004 – Inggris menang 4-2 (Euro 2004)

11 Oktober 2006 – Kroasia menang 2-0 (kualifikasi Euro 2008)

21 November 2007 – Kroasia menang 3-2 (kualifikasi Euro 2008)

10 September 2008 – Inggris menang 4-1 (kualifikasi Piala Dunia 2010)

9 September 2009 – Inggris menang 5-1 (kualifikasi Piala Dunia 2010)

Prediksi susunan pemain :

Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young, Raheem Sterling, Harry Kane

Kroasia: Danijel Subasic, Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Josip Pivaric, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Mario Mandzukic.

Related News

Comment (0)

Comment as: