•   Thursday, 13 Aug, 2020
  • Contact

IKM Kota Mataram Akan Membuat Langkah-Langkah Pengembangan Pasar

JAKARTA, VOI-- Langkah cerdas  Kadis Perindustrian,  Koperasi dan UKM Kota Mataram H Yansen Hendra Dirra SE MM bakal membuahkan hasil. Sebab, dari kunjungan ke Sentra Kerajinan Indonesia, di Thamrin City Mall, Jakarta Pusat beberapa masukan strategis diperoleh.

Salah satunya adalah upaya mendapatkan stand khusus IKM Kota Mataram di Thamrin City Mall, Jakarta Pusat. Pendiri SKI Jati Eko Waluyo yang akan memfasilitasi pengajuannya ke manajemen Thamrin City Mall.

"Saya akan ajukan ke manajemen agar hasil karya IKM Kota Mataram bisa dipamerkan di Thamrin City Mall ini," kata Jati kepada tim Disperinkop UKM Kota Mataram.

Menurut Jati, langkah yang utama adalah memperluas pasar hasil kerajinan IKM Kota Mataram di Jakarta. "Dari Jakarta, nanti kita mengarah ke kota-kota lainnya di Jawa," kata Jati.

Titin, staf Disperinkop UKM Mataram, mengaminkan usulan Jati. Pihaknya, kata Titin, akan meneruskan ke wali kota dan Gubernur NTB. "Ini langkah yang sangat strategis untuk pengembangan produk-produk kerajinan IKM Kota Lombok," kata Titin.

Ide terobosan lain yang diperoleh saat kunjungan adalah mengadakan pelatihan pembuatan tas berbahan eceng gondok di Jogja. "Di kota kami, eceng gondok berlimpah. Sehingga, dengan kemampuan membuat kerajinan eceng gondok, tentu akan sangat bermanfaat bagi IKM kami," kata Titin lagi.

Banyak ide-ide yang muncul saat kunjungan. Misalnya, memproduksi plakat dari bahan batok kelapa yang dihiasi bangunan khas Mataram yang terbuat dari tembaga. "Tembaganya dari Jogja, plakatnya dari Mataram," kata Rahma Wira Sari, owner UD Uniwis Lombok.

Uniwis sendiri, kata Rahma, selama ini memproduksi kerajinan tenun. Tenun Mataram, kata Rahma, sudah waktunya merambah Jakarta. (arn)

Related News

Comment (0)

Comment as: