•   Wednesday, 20 Oct, 2021
  • Contact

NASA Selesaikan Webb Telescope Review, Berkomitmen untuk Meluncurkan di Awal 2021

VOI,- The Independent Review Board (IRB) yang didirikan oleh NASA untuk menilai kemajuan Teleskop Luar Angkasa James Webb telah dengan suara bulat merekomendasikan bahwa pengembangan di observatorium ilmu pengetahuan utama dunia harus dilanjutkan; NASA telah menetapkan tanggal peluncuran baru untuk Webb 30 Maret 2021.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh dewan peninjau membahas berbagai faktor yang mempengaruhi jadwal dan kinerja Webb, termasuk tantangan teknis dan tugas yang tersisa oleh kontraktor utama Northrop Grumman sebelum diluncurkan.

"Webb harus terus dilanjutkan berdasarkan potensi ilmiah luar biasa dan peran penting dalam mempertahankan kepemimpinan AS dalam astronomi dan astrofisika," kata Tom Young, ketua dewan peninjau. "Memastikan setiap elemen fungsi Webb dengan benar sebelum mencapai ruang sangat penting untuk keberhasilannya."

Dewan juga menegaskan kembali bahwa kompleksitas signifikan Webb, potensi ilmiah luar biasa, dan kepentingan astrofisika. Laporan ini mencakup beberapa rekomendasi untuk bergerak maju, beberapa di antaranya telah dimulai oleh NASA. Agensi setuju dengan panduan ahli dewan peninjau tentang langkah-langkah yang menentukan yang diperlukan untuk menjaga dan menyelesaikan pengembangan teleskop.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengirim pesan kepada pekerja NASA Rabu tentang laporan itu. "Webb sangat penting untuk penelitian generasi selanjutnya di luar Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA. Ini akan melakukan hal-hal luar biasa - hal-hal yang belum pernah kami lakukan sebelumnya - saat kami mengamati galaksi lain dan melihat cahaya dari awal waktu, ”kata Administrator Bridenstine. "Meskipun ada tantangan besar, dewan dan NASA dengan suara bulat setuju bahwa Webb akan mencapai keberhasilan misi dengan pelaksanaan rekomendasi dewan, banyak di antaranya sudah berjalan."

Semakin banyak kita belajar tentang alam semesta kita, semakin kita sadar bahwa Webb sangat penting untuk menjawab pertanyaan yang bahkan kita tidak tahu bagaimana menanyakan kapan pesawat antariksa pertama kali dirancang, ”kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA. “Webb siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, dan layak untuk ditunggu. Rekomendasi berharga dari IRB mendukung upaya kami menuju keberhasilan misi; kami mengharapkan kemajuan ilmiah spektakuler dari prioritas ilmu pengetahuan NASA yang paling tinggi. ”

Dalam laporannya, IRB menemukan bahwa masalah teknis, termasuk kesalahan manusia, telah sangat memengaruhi jadwal pengembangan.

Agensi sebelumnya telah memperkirakan tanggal peluncuran sebelumnya, tetapi menunggu temuan dari IRB sebelum membuat keputusan akhir dan mempertimbangkan data dari Webb's Standing Review Board. Agensi menetapkan perkiraan tanggal peluncuran baru untuk mengakomodasi perubahan jadwal karena pengujian lingkungan dan tantangan kinerja kerja oleh Northrop Grumman pada sistem tenaga surya dan propulsi pesawat ruang angkasa. Biaya siklus hidup total teleskop yang baru, untuk mendukung tanggal peluncuran yang direvisi, diperkirakan mencapai $ 9.66 miliar; perkiraan biaya pengembangan barunya adalah $ 8,8 miliar.
 
Dari mendeteksi cahaya bintang-bintang pertama dan galaksi-galaksi di alam semesta yang jauh, untuk menyelidiki atmosfer planet-planet ekstrasurya untuk kemungkinan tanda-tanda kelayakhunian, sains kelas dunia Webb tidak hanya akan menerangi banyak misteri alam semesta, ia juga akan melengkapi dan lebih meningkatkan penemuan proyek astrofisika lainnya.

Teleskop pertama dari jenisnya, dan prestasi teknik yang belum pernah ada sebelumnya, Webb berada di ujung paling depan dari inovasi dan pengembangan teknologi. Pada saat pembuahannya, tantangan diantisipasi untuk observatorium yang unik dari ukuran dan besarnya. Webb dirancang dengan instrumen yang sangat canggih untuk mencapai tujuan ilmiah ambisius yang digariskan dalam National Academy of Sciences 2000 Decadal Survey - untuk menjawab pertanyaan paling mendasar tentang asal-usul kosmik kita.

Webb akan dilipat, bergaya origami, untuk diluncurkan di Arianespace's Ariane 5 peluncuran fairing kendaraan - sekitar 16 kaki (5 meter) lebar. Setelah peluncurannya, observatorium akan menyelesaikan serangkaian penerapan rumit dan menantang secara teknis - salah satu bagian paling penting dari perjalanan Webb ke orbit terakhirnya, sekitar satu juta mil dari Bumi. Ketika benar-benar terbuka, cermin utama Webb akan membentang lebih dari 21 kaki (6,5 meter) dan sunshield-nya akan seukuran lapangan tenis.

Karena ukuran dan kompleksitasnya, proses pengintegrasian dan pengujian bagian lebih rumit daripada misi sains rata-rata. Setelah elemen pesawat angkasa telah menyelesaikan uji coba baterai, ia akan diintegrasikan dengan elemen instrumen teleskop dan sains, yang lulus tesnya tahun lalu. Observatorium yang dirakit penuh kemudian akan menjalani serangkaian uji lingkungan yang menantang dan tes penyebaran akhir sebelum dikirim ke lokasi peluncuran di Kourou, Guyana Prancis.

Webb adalah proyek internasional yang dipimpin oleh NASA dengan mitranya, ESA (European Space Agency) dan Canadian Spac
 
Sumber : https://www.nasa.gov/press-release/nasa-completes-webb-telescope-review-commits-to-launch-in-early-2021
Video : (Youtube - Nasa)
<form action="/" enctype="application/x-www-form-urlencoded" id="gt-form" method="post" name="text_form">
 
 
 
</form>

Related News

Comment (0)

Comment as: