•   Wednesday, 20 Oct, 2021
  • Contact

Virus "STUXNET" Serang Fasilitas Nuklir Iran

VOI,- Virus Stuxnet merupakan cacing komputer (worm) yang mulai diketahui keberadaannya pada bulan Juli 2010. Virus ini seperti penjahat dalam film kartun yang dirancang untuk merusak sistem komputer. Virus ini bertujuan untuk menargetkan perangkat lunak yang mengontrol sistem industri. Virus Stuxnet ini memiliki sasaran piranti lunak Siemens dan perangkat yang berjalan dalam sistem operasi Microsoft Windows. Ini adalah jenis virus yang sangat unik. Perangkat perusak ini sangat khusus yang dirancang hanya mengincar sistem Kontrol Pengawas Dan Akuisisi Data Siemens (SCADA, Siemens Supervisory Control And Data Acquisition) yang diatur untuk mengendalikan dan memantau proses industri tertentu. Virus Stuxnet menginfeksi PLC dengan mengubah aplikasi perangkat lunak Step-7 yang digunakan untuk memprogram ulang perangkat tersebut.

Virus ini dirancang untuk merusak mesin Iran di fasilitas pengayaan uranium milik Natanz. Juga diyakini bahwa virus ini telah diciptakan oleh kekuatan pertahanan Israel. Tujuan dari virus ini adalah untuk mengganggu upaya nuklir Iran. Virus ini juga bertujuan untuk menargetkan pipa minyak dan gas, pengolahan air, jaringan listrik dan lain-lain. Virus ini juga dikenal dengan namanya sebagai pengubah permainan, karena dapat mencuri formula manufaktur apa pun. Ini juga dapat mencuri informasi kartu kredit, kata sandi dan detail penting lainnya dari sistem komputer. Secara keseluruhan di dunia ada sekitar 44 ribu kasus sistem industri terinfeksi Virus Stuxnet dimana 16 ribu infeksi ditemukan di negara AS dan 60% di negara Iran.

Virus komputer dapat menyebabkan banyak kerusakan dalam sistem. Sistem ini memerlukan pembersihan dan perangkat lunak antivirus untuk menghapus virus. Ada banyak perangkat lunak antivirus yang tersedia di internet. Adalah baik untuk menggunakan perangkat lunak antivirus terbaik dalam sistem. Virus ini menyebabkan banyak kerusakan dalam kehidupan nyata.

Sumber : Berita (Berbagai Media); Video (Hungry Beast - Youtube),- (hcp)

Related News

Comment (0)

Comment as: